Selasa, 19 Juni 2007

Visi - Misi


Sudah lama saya tidak nulis, udah banyak yang nanyain :), kebetulan minggu
lalu ada email promosi dari ActionCoach ke milis TDA mengenai event Massive
Action Day Seminar pada tgl 21 Juni besok dan saya pun mendapatkan SMS dari
ActionCoach untuk menghadiri seminar tersebut. Seminar ini dibuat setiap 3
bulan sekali oleh ActionCoach.

Seminar yang pernah saya ikuti pada awal tahun ini, mengingatkan saya akan
90 hari ke depan untuk merencanakan bisnis yang saya jalani.
Saat itu saya belajar bagaimana membuat "successful business plan" yang
telah banyak digunakan oleh successful company sesuai dengan kurikulum
ActionCoach yang tentunya disusun oleh sang Guru, Brad Sugars. Dan menyusun
90 hari action plan untuk bisnis saya.

Jadi saya harus membuka kembali catatan saya dari hasil seminar tersebut dan
mengevaluasikan 3 bulan terakhir dari bisnis saya serta masukan2 yang
berharga dari para pelanggan setia kami atas pelayanan yang kami berikan.
Dan sekaligus mengingatkan saya lagi untuk mengevaluasi visi, misi di
perusahaan saya atas hasil bisnis terakhir yang kami dapatkan dan test and
measure yang kami lakukan. Karena saya yakin visi, misi adalah hal penting
yang terus berkembang.

Visi, Misi kadang terlupakan oleh kebanyakan orang dalam memulai berbisnis.
Banyak mereka yang memulai bisnisnya tanpa menset visi, misi tersebut. Nah
saya pun harus kembali membuka pelajaran tentang membuat visi, misi yang
saya dapatkan pada TDA GroupCouching yang diberikan oleh ActionCouch pada
tahun lalu, kebetulan saya, Pak Roni, Ibu Yulia, Pak Budi Rahmat, dan kawan
TDA lainnya satu group di couching tersebut.

Sambil mengingatkan saya dalam membuat ulang visi, misi perusahaan saya
tersebut, tidak salahnya saya share di milis TDA yah.

Visi bisnis haruslah sesuatu yang mungkin sulit tercapai namun pasti kita
akan dapat mencapainya di masa yang akan datang...jika memang kita mau
mencapainya.

..Visi pun haruslah kita set untuk kita menjadi yang terbaik
dalam bisnis yang kita lakukan di wilayah/region atau dunia...

Visi yang kita buat haruslah dapat memberikan inspirasi dan spirit kepada
seluruh team member dalam bisnis kita.

Brad Sugars bilang "Your Vision, it's not a goal..it's more of
legacy...Vision Statement should entail : Core Values, Core Purpose and
Envisioned Future..."

Contoh visi2 beberapa perusahaan terkemuka :
- GE : 'We bring good things to life'.
- Ford : 'to become the world's leading consumer company for automotive
products and services'.
- DHL : 'we deliver whatever...'
- Microsoft : 'to help people and business throughout the world realize
their full potential'
- Moz5 : 'Pusat Kecantikan Muslimah Terlengkap dan Terbesar di Dunia'

Nah sudah seperti itu belum yah vision statement bisnis kita?

Bagaimana kita menuju visi yang kita sudah buat, itulah Misi.
Misi adalah roadmap untuk mencapai visi tersebut.

Misi statement meliputi : siapa kita .. ; bisnis apa yang kita sedang
lakukan? Siapa customer yang kita inginkan? Dan apa yang membedakan kita
dengan yang lainnya.

Ok, saya buat ulang dulu deh visi dan misi perusahaan saya sebelum membuat
90 hari action plan. Mungkin sekarang sedikit berbeda harus lebih
menggunakan hati dibanding otak dalam membuatnya...kata Pak Roni...dan lebih
menjadi Inspired Vision and Mission...dan yang lebih penting adalah Inspired
Action-nya agar visi misi tersebut tercapai...

Ada yang mau sharing tentang visi, misi bisnis anda?

Salam Funtastic,
Iim Rusyamsi
| www.iimrusyamsi.com | 0811196196 | ym : iim_rusyamsi |